SINTANG (16/2/2019) – Dalam rangka menanamkan rasa kepedulian terhadap lingkungan hidup sejak dini dalam diri peserta didik, kali ini MIM Labschool Sintang melakukan kegiatan dengan tema “Jaga Bumi Kita”.
Alhamdulillah, kegiatan mingguan ini berjalan dengan lancar. Keceriaan begitu jelas tampak dari raut wajah anak-anak MIM Labschool Sintang pagi tadi. Anak-anak adalah generasi penerus bangsa. Kelak setelah kita tiada, mungkin mereka masih menjejak bumi. Karena itu, ajaklah mereka menjaga planet ini. Lingkungan hidup merupakan kesatuan antara seluruh makhluk hidup dan non-hidup, meliputi berbagai unsur lingkungan serta manfaatnya.
Para orangtua di era millenial memiliki tantangan untuk menanamkan kepedulian terhadap lingkungan hidup. Hal ini diperlukan karena aktivitas anak -saat ini- lebih banyak dihabiskan di dalam ruangan. Oleh karena itu, menanamkan kepedulian dan kecintaan terhadap lingkungan menjadi sangat penting. Bukan hanya sekedar himbauan, melainkan dengan aksi nyata. Layaknya orangtua dan guru yang baik, langkah awal sebaiknya dimulai dengan memberikan contoh. Misalnya, bercocok tanaman, menyiram bunga, dan lain-lain.

“Melalui kegiatan ini anak-anak akan mengetahui dan melihat langsung proses tumbuh dan berkembangnya benih ketika mulai tumbuh. Mereka juga akan mengetahui bahwa tanaman perlu dijaga dan dirawat hingga tiba waktu panen,” ujar Muhammad Muhajir, Kepala MIM Labschool Sintang.

Selain itu, kegiatan ini juga merupakan wujud nyata dharma kedua pramuka ‘Cinta Alam dan Kasih Sayang Sesama Manusia. Untuk mewujudkan dharma tersebut perlu ada aksi nyata agar benar-benar tertanam dalam jiwanya ,” tambahnya.
Aktivitas menanam atau berkebun juga memberikan dampak positif pada nilai religius terhadap diri siswa, sebagaimana sabda Rasulullah saw.:

مَا مِنْ مُسْلِمٍ يَغْرِسُ غَرْسًا, أَوْ يَزْرَعُ زَرْعًا فَيَأْكُلَ مِنْهُ طَيْرٌ أَوْ إِنْسَانٌ أَوْ بَهِيْمَة ٌ إِلاَّ كَانَ لَهُ بِهِ صَدَقَةٌ

“Tidaklah seorang muslim menanam pohon, tidak pula menanam tanaman kemudian pohon atau tanaman tersebut dimakan oleh burung, manusia atau binatang melainkan menjadi sedekah baginya.” (HR. Imam Bukhari Hadis No. 2321).

Terakhir harapannya, semoga semua aktivitas yang dilakukan selalu diridai oleh Allah swt dan menjadikan kita manusia yang selalu memberi manfaat bagi kehidupan dan lingkungan sekitar kita. Aamiin.  [admin]

Leave a Comment