Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Labschool Sintang merupakan pendidikan formal setingkat SD yang terletak di Jalan Akcaya 3 No. 35 Kelurahan Alai Sintang, dikelola oleh Badan Pelaksana Pendidikan Madrasah Tinggi Agama Islam Ma’arif Sintang berdasarkan izin operasional dari Kementerian Agama RI pada tanggal 9 Juni 2015. MIS Ma’arif Labschool Sintang digagas Muhammad Muhajir, M.Pd.I yang kemudian disampaikan kepada pimpinan STAI Ma’arif Sintang, yaitu H. Sukhairi, M.Si. (Ketua), H. Sofyan Hamzah, M.M. (Ketua I), H. Anuar Akhmad, M.M. (Ketua II), M. Faisal, M.M.Pd. (Ketua III), dan civitas akademika Sekolah Tinggi Agama Islam Ma’arif Sintang.

Setelah disepakati, pimpinan STAI Ma’arif Sintang, H. Sukhairi menunjuk Muhammad Muhajir menjadi Ketua Tim Pendirian Labschool tersebut yang kemudian ditunjuk sebagai Kepala Madrasah sekaligus.

MIS Ma’arif Labschool Sintang didirikan sebagai alternatif jawaban atas persoalan pendidikan yang berkembang di masyarakat. Masyarakat selama ini selalu dihadapkan dengan dua pilihan dalam pendidikan;

Pertama, jika masyarakat memilih pendidikan yang berbasis agama saja, maka konsekuensi yang diterima adalah kekurangmampuan lulusan tersebut di bidang sains (ilmu pengetahuan umum), sementara ilmu umum sangat dibutuhkan untuk mengembangkan kehidupan yang lebih baik dan layak.

Kedua, jika masyarakat memilih pendidikan yang berbasis sains (ilmu pengetahuan umum), maka konsekuensi yang diterima adalah kekurangmampuan lulusan pendidikan tersebut dalam bidang agama, padahal ilmu agama juga sangat dibutuhkan sebagai pengendali hidup di dunia maupun di akhirat.

Untuk menjawab tantangan tersebut, sejak awal berdiri MIS Ma’arif Labschool Sintang berkeinginan dan bercita-cita menjadi salah satu madrasah unggulan yang diperhitungkan minimal di wilayah Kabupaten Sintang dan sekitarnya. MIS Ma’arif Labschool Sintang selalu mencoba untuk mengembangkan dan berinovasi dalam hal pengembangam metode dan strategi pembelajaran, pengembangan kurikulum, manajemen madrasah, iklim pembelajaran, keterlibatan orangtua (paguyuban kelas dan teach parenting classes) serta kegiatan yang bersifat sosial ataupun lainnya dengan harapan dapat meningkatkan kualitas. MIS Ma’arif Labschool Sintang mempunyai beberapa program seperti: Tahfiz Alquran, Salat Duha, Salat Zuhur Jamaah, Fun Learning Activities, Home Visiting, Bimtek Guru, EduWisata, Outbound dan lain-lain.