Hafalan Al Quran Itu Mudah Halaman all - Kompasiana.com

Sintang (15/04/2020) – Dalam rangka menindaklanjuti kegiatan in house training yang dilaksanakan Februari lalu dan merealisasikan program-program yang telah disusun bersama MI Ma’arif Labschool Sintang melaunching Program Khatmil Quran Mingguan bagi Tenaga Pendidik dan Kependidkan pada hari Rabu, 15 April 2020/22 Sya’ban 1441 H. Program ini dibentuk dengan tujuan untuk menumbuhkan sikap spiritual dan cinta terhadap Alquran bagi sumber daya manusia madrasah. Program ini dilaksanakan dengan cara memberikan bagian yang harus dibaca oleh setiap guru pada hari itu. Ada yang mendapat maqra 1 juz, 2 juz dan ada pula yang 3 juz..

Kenapa khatmil quran? Karenamimlabschoolstg.sch.id identik dengan madrasah tahfiz, madrasah yang menitikberatkan kompetensi lulusannya mampu membaca Alquran dengan baik dan benar serta hafal juz 30 dan surat-surat pilihan. Membaca Alquran sendiri adalah sebuah amal shalih, namun kita tidak mengkhusukan hanya membaca Alquran dan berhenti di sana. Lebih dari itu, kita harus merenungi makna dan mengamalkannya, sehingga kita bisa menjadi hamba yang mengambil manfaat dari ayat-ayat Alquran.

Allah Ta’ala berfirman,

كِتَابٌ أَنْزَلْنَاهُ إِلَيْكَ مُبَارَكٌ لِيَدَّبَّرُوا آيَاتِهِ وَلِيَتَذَكَّرَ أُولُو الْأَلْبَابِ

“Ini adalah sebuah Kitab yang kami turunkan kepadamu penuh dengan berkah supaya mereka memperhatikan ayat-ayat-Nya dan supaya mendapat pelajaran orang-orang yang mempunyai pikiran” (QS. Shaad [38]: 29).

Rasulullah SAW bersabda:

مَنْ قَرَأَ حَرْفًا مِنْ كِتَابِ اللَّهِ فَلَهُ بِهِ حَسَنَةٌ، وَالحَسَنَةُ بِعَشْرِ أَمْثَالِهَا، لَا أَقُولُ الم حَرْفٌ، وَلَكِنْ أَلِفٌ حَرْفٌ وَلَامٌ حَرْفٌ وَمِيمٌ حَرْفٌ

“Barangsiapa membaca satu huruf dari kitabullah, baginya satu kebaikan. Satu kebaikan akan dilipatgandakan sepuluh. Aku tidak mengatakan ‘alif laam miim’ itu satu huruf, akan tetapi, Alif satu huruf, Laam satu huruf dan Miim satu huruf” (HR. Tirmizi ).

Selain itu, program ini dilaunching bulan ini juga dalam rangka persiapan menyambut bulan suci Ramadan yang sebentar lagi akan datang.

“Kesempatan bertemu Ramadan merupakan karunia Allah yang sangat berharga. Ia adalah bulan bertabur fadilah dan kemuliaan. Ia juga merupakan terminal chek point untuk merecharger dan menambah iman, takwa, dan amal sebagai bekal menuju akhirat. Oleh karena itu, kedatanganya perlu disambut dengan persiapan yang serius,” ujar Muhammad Muhajir.  

Pada umumnya, menjelang bulan Ramadan orang berbondong-bondong belanja ke pasar atau supermarket membeli berbagai kebutuhan di bulan puasa. Stok makanan kaleng, sirup botol untuk berbuka puasa atau membeli daging untuk persiapan bulan Ramadaan di hari pertama.

“Bukan hanya dengan bahan makanan yang harus kita persiapkan. Kita juga harus mempersiapkan mental untuk beribadah dengan tenang saat Ramadan tiba, menjadi pribadi yang lebih baik dan lebih taat kepada sang pencipta. Perubahan ini tentu tak bisa terjadi dalam satu malam. Untuk itu, sebelum kita dipertemukan dengan bulan Ramadan jika kita membiasakan diri untuk mencapai spiritualitas yang maksimal di bulan suci tersebut,” lanjutnya.

Salah satu yang sangat disunahkan dalam bulan Ramadan yaitu membaca Alquran. Membaca Alquran merupakan hal yang cukup fundamental bagi setiap muslim, terutama di bulan Ramadan. Banyak orang berlomba-lomba membaca Alquran hingga khatam, bahkan hampir setiap masjid mengadakan tadarusan. Nah, sebelum Ramadan tiba nggak ada salahnya jika kita memulai berlatih dari sekarang agar nanti ketika Ramadan datang kita sudah terbiasa untuk melaksanakannya. Semoga Allah swt merahmati kita semua. (admin)

Leave a Comment