Sintang (8/7/2019) – Memasuki hari pertama sekolah Tahun Pelajaran 2019/2020, para peserta didik baru MIM Labschool Sintang mendapat sambutan hangat dari para guru. Kegiatan Masa Ta’aruf Siswa Madrasah atau yang biasa disingkat menjadi Matsama ini bukanlah yang pertama kali dilakukan, kegiatan ini sudah menjadi tradisi tahunan setiap memasuki tahun pelajaran baru. Hal ini dikarenakan siapapun akan merasa sedikit kesulitan untuk beradaptasi dengan lingkungan baru, termasuk siswa di sekolah. Oleh karena itu, MIM Labschool merasa sangat perlu untuk memberikan sambutan yang hangat dan kesan yang positif kepada para peserta didik baru sehingga dapat memudahkan para peserta didik untuk beradaptasi.

Pada hari pertama siswa dikenalkan dengan lingkungan sekolah, para guru, dan juga sesama peserta didik baru. Selain proses perkenalan ini, Kepala Madrasah menekankan dalam sambutannya bahwa memilih madrasah sebagai tempat anak untuk menuntut ilmu adalah pilihan yang tepat, karena di madrasah siswa dapat mempelajari ilmu umum dan agama secara bersamaan. ” Sesuai dengan slogan, ‘Madrasah Hebat, Madrasah Bermartabat’ MIM Labschool Sintang juga sedang berupaya untuk mewujudkan madrasah yang hebat dan juga bermartabat, yang tidak hanya berfokus pada pelajaran umum atau agama saja. Namun, kedua-duanya berjalan beriringan saling melengkapi. Hal ini diwujudkan dengan menghadirkan pembelajaran Tahfiz Qur’an setiap harinya dan juga pelajaran Baca Tulis Qur’an. Selain itu, MIM Labschool Sintang juga mengadakan bina Bahasa dan Sains, hal ini yang membuat MIM Labschool Sintang berbeda dari sekolah-sekolah lain”, ujar Kepala MIM Labschool Sintang, Muhammad Muhajir, Senin (08/07/2019).

Selain kegiatan pada hari ini, Matsama masih akan dilaksanakan hingga tanggal 10 Juli 2019. Dengan diadakannya Matsama ini, diharapkan siswa dapat segera beradaptasi dengan lingkungan sekolah yang baru, sehingga dapat menimbulkan rasa nyaman saat mengikuti proses pembelajaran.

Leave a Comment