Website resmi MI Ma'arif Labschool Sintang

Profil Madrasah

Visi dan Misi

Visi 

Menjadi madrasah terkemuka yang mencetak peserta didik berakhlak mulia, berprestasi dan unggul yang berwawasan global

Misi

  1. Menanamkan akidah (tauhid) dan mengamalkan ajaran islam ahl al-sunnah wa al-jamaah
  2. Mengembangkan kecerdasan intelektual, emosional dan spiritual yang dimiliki peserta didik
  3. Mengembangkan potensi sesuai bakat dan minat peserta didik berbasis multiple intelligence
  4. Mengembangkan madrasah berkualitas berwawasan global yang berbasis dakwah
  5. Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam kegiatan pembelajaran secara optimal

Tujuan

  1. Memiliki kesadaran yang tinggi dalam melaksanakan kewajiban beribadah dan berperilaku sesuai ajaran Islam dalam kehidupan sehari-hari
  2. Meningkatkan jumlah lulusan yang menguasai ilmu pengetahuan umum dan agama Islam secara seimbang
  3. Meningkatkan prestasi dalam baik dalam bidang akademis maupun non akademis serta daya saing madrasah di tingkat kabupaten maupun nasional
  4. Meningkatkan kualitas dan hasil pembelajaran melalui pembelajaran yang aktif, inovatif kreatif efektif dan menyenangkan
  5. Mengoptimalkan kualitas dan kuantitas sarana dan prasarana pendidikan

Sejarang Singkat

Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Labschool Sintang merupakan pendidikan formal setingkat SD yang terletak di Jalan Akcaya 3 No. 35 Kelurahan Alai Sintang, dikelola oleh Badan Pelaksana Pendidikan Madrasah Tinggi Agama Islam Ma’arif Sintang berdasarkan izin operasional dari Kementerian Agama RI pada tanggal 9 Juni 2015. MIS Ma’arif Labschool Sintang digagas Muhammad Muhajir, M.Pd.I yang kemudian disampaikan kepada pimpinan STAI Ma’arif Sintang, yaitu H. Sukhairi, M.Si. (Ketua), H. Sofyan Hamzah, M.M. (Ketua I), H. Anuar Akhmad, M.M. (Ketua II), M. Faisal, M.M.Pd. (Ketua III), dan civitas akademika Sekolah Tinggi Agama Islam Ma’arif Sintang.

Setelah disepakati, pimpinan STAI Ma’arif Sintang, H. Sukhairi menunjuk Muhammad Muhajir menjadi Ketua Tim Pendirian Labschool tersebut yang kemudian ditunjuk sebagai Kepala Madrasah sekaligus.

MIS Ma’arif Labschool Sintang didirikan sebagai alternatif jawaban atas persoalan pendidikan yang berkembang di masyarakat. Masyarakat selama ini selalu dihadapkan dengan dua pilihan dalam pendidikan;

Pertama, jika masyarakat memilih pendidikan yang berbasis agama saja, maka konsekuensi yang diterima adalah kekurangmampuan lulusan tersebut di bidang sains (ilmu pengetahuan umum), sementara ilmu umum sangat dibutuhkan untuk mengembangkan kehidupan yang lebih baik dan layak.

Kedua, jika masyarakat memilih pendidikan yang berbasis sains (ilmu pengetahuan umum), maka konsekuensi yang diterima adalah kekurangmampuan lulusan pendidikan tersebut dalam bidang agama, padahal ilmu agama juga sangat dibutuhkan sebagai pengendali hidup di dunia maupun di akhirat.

Untuk menjawab tantangan tersebut, sejak awal berdiri MIS Ma’arif Labschool Sintang berkeinginan dan bercita-cita menjadi salah satu madrasah unggulan yang diperhitungkan minimal di wilayah Kabupaten Sintang dan sekitarnya. MIS Ma’arif Labschool Sintang selalu mencoba untuk mengembangkan dan berinovasi dalam hal pengembangam metode dan strategi pembelajaran, pengembangan kurikulum, manajemen madrasah, iklim pembelajaran, keterlibatan orangtua (paguyuban kelas dan teach parenting classes) serta kegiatan yang bersifat sosial ataupun lainnya dengan harapan dapat meningkatkan kualitas. MIS Ma’arif Labschool Sintang mempunyai beberapa program seperti: Tahfiz Alquran, Salat Duha, Salat Zuhur Jamaah, Fun Learning Activities, Home Visiting, Bimtek Guru, EduWisata, Outbound dan lain-lain.

Sarana & Prasarana

Berikut ini adalah sarana dan prasarana yang ada di sekolah :

  1.  Kelas I Ibnu Rusyd
  2.  Kelas 1 Ibnu Batutah
  3.  Kelas 2 Ibnu Sina
  4.  Kelas 3 Al-Batani
  5.  Kelas 4 Al-Farabi
  6.  Kelas 5
  7.  Kelas 6
  1.  Ruang Kepala Madrasah
  2.  Ruang Tata Usaha
  3.  Ruang Lobi
  4.  Ruang Guru
  5.  Ruang Gudang
  6.  Ruang UKS
  7.  Ruang Seni
  1.  Mini Lab Sains
  2.  Mini Perpustakaan
  3.  Masjid
  4.  Green House
  5.  Parkir
  6.  WC Guru
  7.  WC Laki-laki
  8.  WC Perempuan
  9.  Kantin

Struktur Organisasi

Struktur organisasi madrasah akan kami update disini

Kepala Madrasah

Muhammad Muhajir, M.Pd.I  adalah kepala MI Ma’arif Labschool Sintang yang merupakan juga penggagas dan kepala madrasah pertama pada tahun 2015. Lahir di Sintang pada tahun 1984. Menghabiskan masa kecil sampai selesai tingkat SD di kampung kelahirannya, Desa Nanga Libau (saat ini Bedayan). Jurusan Budidaya Hutan Universitas Kapuas Sintang mengantarkannya menjadi seorang sarjana Kehutanan pada tahun 2007. Magister Pendidikan Islam diselesaikannya pada tahun 2012 di Institut Agama Islam Tribakti Kediri. 

Beliau juga pernah mendirikan dan menjadi kepala madrasah pertama di MA Bilingual Ulul Albab Nganjuk. Sebuah madrasah yang bahasa pengantarnya menggunakan dua bahasa, yakni Bahasa Arab dan Bahasa Inggris sebagai proram unggulannya, disamping Sains dan Skill yang menjadi andalan.

Beliau adalah pemerhati dan praktisi pendidikan. Inovasi dan kreatifitas dalam pendidikan menjadi perhatiannya yang serius dalam rangka menyelesaikan problematika pendidikan di Indonesia.

Program Unggulan

Program Pembinaan Siswa

  1. Hafalan Juz 30 dan Surat Pilihan
  2. Hafalan Asmaul Husna
  3. Hafalan Doa Harian
  4. Baca Tulis Alquran
  5. Bina Sains & Bahasa
  6. Jumat Ceria
  7. Budaya Baca
  8. Home Visiting
  9. Fun Learning Activities
  10. Teach Parenting Classes

Program Pengembangan Sarana Prioritas

  1. Membangun 6 Ruang Kelas Baru dengan konstruksi bangunan 2 tingkat
  2. Membangun Ruang Lab Praktik 3 buah
  3. Pembangunan Kantin Siswa
  4. Perbaikan dan Pengecetan Lapangan Olahraga
  5. Pengembangan Jaringan Infrastruktur LAN (Intranet dan Internet)
  6. Pengembangan Sistem Informasi Madrasah (SIM)
  7. Melengkapi Sarana dan Prasarana Perpustakaan dan Lab IPA
  8. Renovasi Tampilan Depan Gerbang Madrasah
  9. Melengkapi alat praktik

Kondisi Siswa

Berikut ini adalah gambar tabel kondisi siswa di madrasah kami:

Komite Madrasah

Semenjak diluncurkannya konsep Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah dalam sistem manajemen sekolah, Komite Madrasah sebagai organisasi mitra sekolah memiliki peran yang sangat strategis dalam upaya turut serta mengembangkan pendidikan di sekolah. Kehadirannya tidak hanya sekedar sebagai stempel sekolah semata, khususnya dalam upaya memungut biaya dari orang tua siswa, namun lebih jauh Komite Madrasah harus dapat menjadi sebuah organisasi yang benar-benar dapat mewadahi dan menyalurkan aspirasi serta prakarsa dari masyarakat dalam melahirkan kebijakan operasional dan program pendidikan di sekolah serta dapat menciptakan suasana dan kondisi transparan, akuntabel, dan demokratis dalam penyelenggaraan dan pelayanan pendidikan yang bermutu di sekolah.

Agar Komite Madrasah dapat berdaya, maka dalam pembentukan pengurus pun harus dapat memenuhi beberapa prinsip/kaidah dan mekanisme yang benar, serta dapat dikelola secara benar pula. Susunan pengurus Komite Madrasah adalah sebagai berikut:

Ketua         :  Abdullah
Wakil Ketua   :  Azuisnaningsih
Sekretaris    :  Sapuroh
Bendahara     :  Oki Arafat, S.Pd.
Anggota       :

  • Ghulam Rasiq, ST
  • Adi Rusmin Marpaung
  • Ziaur Rahman
  • Suwarno
  • Mohammad Solichin

Prestasi Siswa

Prestasi di Bidang Akademik :

  • Peringkat 1 KSM Tk. Kabupaten Tahun 2018

Prestasi di Bidang Non-Akademik :