Sintang (6/3/2021) – Pelaksanaan Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM) di MIM Labschool Sintang berlangsung pada Jumat, 5 Maret 2021. PKKM sendiri merupakan sebuah proses pengumpulan, pengolahan, analisis, dan interpretasi data tentang kualitas kepala madrasah dalam melaksanakan tugasnya. Adapun penilaian dilakukan secara berkala dalam periode tahunan (setiap 4 tahun sekali). 

Kegiatan tersebut dihadiri 2 orang tim penilai, Drs. H. Ulwan, M.Pd.I dan Misran, S.Ag. selaku tim penilai. Pada acara tersebut kinerja kepala sekolah di nilai dari segi supervisi kepada tenaga kependidikan dan gagasan dan pikiran yang diberikan kepada madrasah.

Dalam sambutannya Drs. H. Ulwan, M.Pd.I. selaku Anggota Tim Penilai mengatakan, “Saya sangat mengapresiasi kinerja Kepala MIM Labschool Sintang, Bapak Muhammad Muhajir, beliau adalah kepala madrasah yang hebat di bawah kepemimpinan beliau banyak kemajuan terjadi di MIM Labschool Sintang. Dulu MIM Labschool dibangun dengan hanya bermodalkan bismillah, sekarang alhamdulillah MIM Labschool bahkan mampu menjadi salah satu sekolah favorit di Sintang, terutama dalam hal penguasaan dan penerapn teknologi.”

“Bahkan, seharusnya kebaikan dan kemajuan ini harus disampaikan dan ditularkan kepada madrasah-madrasah lainnya, agar seluruh madrasah bisa berkembang menyesuaikan teknologi terkini,” tegas beliau mengakhiri sambutannya.

Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM) sendiri terdiri dari beberapa aspek diantaranya adalah usaha pengembangan madrasah, pelaksanaan tugas manajerial, pengembangan kewirausahaan, supervisi kepada guru dan tenaga kependidikan, dan hasil kinerja kepala madrasah. Adapun hasil penilaian kinerja dikategorikan dalam tingkatan amat baik, baik, cukup, sedang, atau kurang.

Dalam kesempatan evaluasi dan refleksi, Bapak Misran, S.Ag. selaku Ketua Tim Penilai memberikan apresiasi kepada seluruh yang terlibat dalam PKKM ini. Ia juga menyampaikan terkait dengan berbagai hal yang harus diperhatikan agar ke depannya MIM bisa menjadi lebih baik lagi. Selain itu, ketua tim juga menyampaikan bahwa hasil penilaian akan disampaikan kemudian.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh seluruh pendidik dan tenaga kependidikan MIM Labschool Sintang yang dengan hangat menyambut tim penilai dan menyiapkan segalanya dengan penuh antusias.

Pada kegiatan tersebut tim penilai memuji kemajuan teknologi yang digunakan oleh MIM Labschool Sintang, bahkan di saat sekolah lain belum menyiapkan dan mengemaskan perangkat pembelajaran online, MIM Labschool sudah melakukannya.

Dalam assesment PKKM ini, ada hal baru yang dilakukan MIM Labschool Sintang, yaitu penyajian data yang dilakukan secara digital (online), sehingga memudahkan dan mempercepat proses assesment.

“Dalam PKKM kali ini, kami menyiapkan dan menyajikan data secara online di website, agar memudahkan tim penilai dan kerja tim persiapan PKKM. Meski di MIM Labschool ini adalah hal yang baru, namun kami yakin metode ini bisa diterima oleh tim penilai. Bahkan insya Allah kami juga akan melakukan hal yang sama (penyajian data secara digital) ketika penilai akreditasi nanti dilaksanakan,” jelas Kepala MIM Labschool Sintang.

Kepala MIM Labschool juga mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada seluruh pendidikan dan tenaga kependidikan yang sudah mempersiapkan tagihan dokumen dengan penuh semangat dan tanggung jawab.

Leave a Comment