Sintang (7/11/2019) – Outbound dilaksanakan di Taman Belian Indah Sintang Jl. KM . 21  Sintang – Pontianak. Kegiatan outbound dibuka dengan senam bersama dan dilanjutkan acara pembukaan. Setelah pembukaan dilanjutkan dengan pencarian harta karun dan ditutup dengan berenang sepuasnya. Acara outbound kali ini dilewati siswa-siswi MIM Labschool dengan penuh keceriaan, kebahagian dan penuh kerja sama yang baik.

Outbound MIM Labschool bertemakan “ Find The Treasure” yaitu petualangan untuk menemukan harta karun itu . Siswa-siswi dibagi menjadi beberapa kelompok. Secara berkelompok melewati 7 pos. Disetiap pos ada games yang harus diselesaikan. Pos pertama mereka harus melewati game susun lirik mars MI. Pos kedua harus melewati  game tebak gerak. Pos ketiga harus melewati game tebak kata. Pos keempat harus melewati game paralel sedotan. Yang kelima yaitu ambil bola dikolam. Yang keenam transfer bola. Yang terakhir balon berjalan. Dan semua game yang dilewati membutuhkan dan mengandalkan kerjasama yang baik antar anggota agar pekerjaan dapat diselesaikan dengan baik

Dalam kegiatan ini banyak game yang menitipkan pesan pembentukan karakter anak-anak, yaitu kerjasama seperti yang disampaikan oleh kepala madrasah, Muhammad Muhajir , M.Pd.I. “Outbound merupakan sarana character building melalui games. Games dimainkan kali ini find the treasure, yaitu misi mencari harta karun yang terpendam. Games ini melatih dan membutuhkan kerjasama dalam kelompok dan solidaritas. Bekerja sama merupakan suatu hal yang sangat penting dalam setiap organisasi, termasuk dalam pendidikan. Ini perlu dilakukan karena pada hakekatnya pendidikan itu tidak hanya memberikan pengetahuan semata, tetapi pendidikan itu juga harus membangun karakter,” beliau menjelaskan.

Acara outbound ini sudah menjadi rutinitas kegiatan MIM Labschool yang dilakukan pada setiap semester ganjil sebagai wujud dari belajar diluar dan memberikan pengalaman baru pada siswa.

Hal ini menjadi salah satu daya tarik bagi orangtua siswa. Melalui kegiatan outbound, selain menjadi sarana character team building, juga menjadi ajang rekreasi atau refreshing bagi siswa-siswi.

Leave a Comment