Sintang, 4 Mei 2024 – Pada hari Sabtu, tanggal 4 Mei 2024, MIS Ma’arif Labschool Sintang kembali mengukir prestasi dengan menggelar acara seminar parenting bertema “Membangun Kedekatan dan Menenangkan Hati Anak Melalui Metode Storytelling”. Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh orang tua dan wali murid sekolah, yang bertempat di Aula Kementerian Agama (Kemenag) Sintang.

Dalam era di mana teknologi semakin merajalela dan komunikasi antar anggota keluarga semakin terputus, MIS Ma’arif Labschool Sintang sadar akan pentingnya menjaga hubungan yang erat antara orang tua dan anak. Oleh karena itu, dipilihlah metode storytelling sebagai sarana untuk membangun kedekatan emosional yang kuat antara keduanya.

Paman Gery, seorang pendongeng nasional yang telah malang melintang di berbagai acara pendidikan dan kemanusiaan, diundang khusus sebagai narasumber dalam seminar ini. Beliau adalah figur yang diakui kepiawaian dan keahliannya dalam menembus hati anak-anak melalui cerita.

Dalam seminar yang penuh semangat dan interaksi ini, Paman Gery berbagi pengalaman dan pengetahuannya kepada orang tua dan wali murid tentang bagaimana storytelling bisa menjadi alat efektif dalam mendidik anak-anak. Ia menegaskan bahwa storytelling bukan sekadar hiburan semata, melainkan juga sarana edukasi yang kuat untuk menyampaikan nilai-nilai kehidupan yang penting.

“Pada dasarnya, anak-anak adalah sosok yang sangat terbuka terhadap imajinasi dan emosi. Dengan storytelling, kita dapat memanfaatkan kedua hal tersebut untuk mendekatkan hubungan dengan mereka dan mengajarkan berbagai pelajaran hidup secara lebih efektif,” ujar Paman Gery dengan penuh antusiasme.

Peserta seminar pun tidak hanya sekadar mendengarkan, namun juga aktif berpartisipasi dalam sesi diskusi dan tanya jawab yang dipandu oleh narasumber. Mereka berbagi pengalaman pribadi serta mendapatkan berbagai tips praktis dari Paman Gery tentang cara menerapkan metode storytelling dalam kehidupan sehari-hari bersama anak-anak mereka.

Acara ini tidak hanya memberikan pengetahuan baru kepada orang tua dan wali murid, tetapi juga mengukuhkan komitmen MIS Ma’arif Labschool Sintang dalam mendukung pembentukan karakter anak-anak melalui pendidikan holistik. Dengan adanya seminar ini, diharapkan akan tercipta lingkungan keluarga yang lebih harmonis, penuh kasih sayang, dan penuh pengertian di tengah-tengah masyarakat.

Leave a Comment