(15/07/2021) – MATSAMA ( Masa Ta’aruf Siswa Madrasah) adalah kegiatan yang dilakukan setiap penerimaan peserta didik baru. Kegiatan MATSAMA dari ini dilakukan secara 3 hari atau 3 kali pertemuan. Kegiatan matsama pada tahun 2021 ini bertemakan “bisa belajar walaupun di masa pandemi” adalah bentuk dari sebuah doa dari Mim Labschool berharap bahwa dari matsama ini kegiatan belajar mengajar di Mim Labschool bisa berjalan dengan baik. Kegiatan matsama ini juga dihadiri oleh 3 pemateri hebat, dimulai dari pemateri kasi madrasah yaitu ibu Munawaroh, komandan kodim yaitu bapak Eko, dan tidak kalah pentingnya adalah pemateri nasional yaitu seorang public speaker.

Menurut saya acara matsama ini adalah bentuk dari acara penerimaan peserta didik baru atau bisa disebut dengan penyambutan secara resmi kepada peserta didik baru sebagai tanda bahwa peserta didik baru sudah resmi menjadi keluarga besar Mim Labschool. Saya berharap orang tua murid tetap bersemangat dan selalu mendampingi anak-anaknya dalam belajar online. Karena bagi saya kesuksesan belajar online ini tidak bisa dari satu pihak harus kedua belah pihak yaitu dari orang tua murid dan juga dari guru. Karena orang tua murid lah yang sekarang harus berperan menjadi guru dan Guru harus berperan menjadi guru yang asik dan menarik saat belajar di ruang zoom ujar kepala madrasah

kegiatan matsama ini dihadiri oleh seluruh peserta didik baru dan juga siswa dari kelas 2 sampai kelas 6. Tidak kalah pentingnya yaitu semangat dari guru-guru mim Labschool, yang selalu siap memberikan inovasi dan kreasi dari pembelajaran daring.

kegiatan MATSAMA berlangsung dengan sukses. Pertemuan pertama adalah acara pembukaan dan diisi dengan materi pertama yaitu dari sekolah tentang profil sekolah, yang disampaikan oleh kesiswaan yaitu bapak chomsun. Pertemuan kedua adalah acara dengan materi kedua yaitu materi dari seorang public speaker. Dalam materi kalo ini lebih tertuju kepada orang tua yang akan mendampingi anaknya selama belajar di masa pandemi tentu belajar yang sukses harus ada kerjasama dari guru dan orang tua murid. Materi yang disampaikan kak sangat memberikan motivasi dan ilmu kepada orang tua murid tentang bagaimana caranya menghadapi anak-anak yang mulai malas belajar dan mulai bosan di rumah aja. Tidak hanya sampai di situ kak alwa juga memberikan motivasi kepada anak anak untuk tetap semangat belajar walaupun belajarnya melalui online. Keluar juga memberikan tips-tips untuk orang tua bagaimana sih agar tetap bisa menjadi waras walaupun anak-anak mulai susah diatur saat belajar. Yang paling tidak kalah pentingnya adalah kak alwa memberikan tips-tips kreatif kepada guru-guru Mim Labschool untuk memberikan pembelajaran online secara asik dan menarik.

Materi yang ketiga yaitu materi yang disampaikan oleh komandan kodim pada materi yang ketiga ini lebih ditekankan kepada anak-anak dan orang tua murid untuk tetap menjaga protkes dan tetap menjaga imun agar semuanya terhindar dari virus covid-19.

Leave a Comment