Sintang (1 / 11 / 2019) – Pendidikan atau penanaman karakter tidak hanya dapat dilakukan di kelas. Tapi juga di luar kelas. MlM Labschool selalu ada cara untuk melakukan belajar yang menyenangkan. Salah satu nya yaitu dengan pramuka . Dalam rangkaian kegiatan pramuka yang dibina langsung oleh guru MIM Labschool selalu ada permainan yang menyenangkan. Permainan yang terkandung nilai pembentukan karakter dan moral. Berkaitan dengan pembentukan karakter dan moral, belajar menyenangkan adalah salah satu prinsip MIM Labschool.

“Salah satu prinsip paling penting dalam belajar adalah guru tidak semata-mata memberikan pengetahuan kepada siswa. Siswa harus membangun konstruksi pengetahuan di dalam benaknya sendiri. Guru dapat membantu proses ini dengan cara-cara mengajar yang membuat belajar menjadi lebih bermakna dan relevan bagi siswa, salah satu diantaranya dengan mengajak belajar di luar kelas, belajar pada alam”, ujar Kepala Madrasah.

Kegiatan ini rutin dilakukan pada sore jum’at. Jadi anak anak bisa berinteraksi langsung dengan alam. Akan ada banyak hal yang baru ditemukan. Yang sebelumnya tidak ditemukan dirumah atau pun dikelas. Kegiatan juga tetap bertujuan untuk penanaman karakter anak.

Perintah Allah jelas bahwa kita harus memikir kan ciptaan nya agar kita senantiasa bersyukur ini juga menjadi tujuan kegiatan pramuka MIM labschool. Karena dengan kegiatan di alam bebas seperi ini juga mengajarkan bahwa ciptaan Allah sangat luar biasa.

Jadi ingat madrasah juga hebat lho, karena bisa bermain sambil belajar. Oke ! jadi gak nyesal masuk MIM Labschool.

Leave a Comment