Website resmi MI Ma'arif Labschool Sintang

MIM Labschool Adakan Ramadan Quranic Camp II

MIM Labschool (26/5/2019) – Sudah menjadi agenda tahunan bagi MIM Labschool untuk mengadakan Ramadan Camp bagi siswa-siswinya. Artinya ini setiap Ramadan tiba, kegiatan ini selalu diadakan. Kegiatan Ramadan Camp menjadi sarana pengikat ukhuwah antar siswa juga sebagai ajang bagi siswa untuk menghayati makna puasa dan Ramadan yang sesungguhnya. Puasa bukan menjadi alasan untuk tidak berbuat sesuatu. Namun, justeru ketika sedang berpuasa itulah kita maksimalkan ibadah kita terhadap Allah. Melatih dan menempa diri dengan melakukan hal-hal yang dapat mendekatkan diri kepada Allah, dengan harapan menjadi orang yang bertakwa.

“Bulan Ramadan adalah syahrut tarbiyah, bulan pendidikan. Oleh karenanya, pada bulan ini kita harus mampu memberikan pendidikan melalui Ramadan. Inilah yang menjadi tujuan kegiatan Ramadan Camp. Bukan hanya pendidikan dalam arti memberikan ilmu, tetapi juga pendidikan bagi mentalnya, latihan mengekang nafsunya,” tegas Muhammad Muhajir, Kepala MIM Labschool Sintang.

“Bahkan justeru melalui Ramadan ini, Allah lebih menekankan pendidikan terhadap mental dan nafsu manusia. Karenanya puasa akan menjadi sia-sia tidak bermakna, jika tidak diikuti dengan pengekangan terhadap hawa nafsu,” ujarnya.

Kegiatan Ramadan Camp dimulai dari pukul 08.00 hingga 20.00. Mengingat peserta yang kecil-kecil, mulai dari kelas 1 hingga kelas 4. Meski demikian, para siswa mendapatkan banyak pengalaman selama kegiatan Ramadan Camp berlangsung seperti membiasakan diri untuk disiplin dengan salat lima waktu, tarawih dan duha berjamaah, mempelajari ilmu-ilmu agama dengan metode yang menyenangkan, juga melahirkan jiwa pemberani untuk unjuk diri serta menghilangkan sifat-sifat pemalu dengan diadakannya lomba-lomba seperti Tahfiz Al-Qur’an; Rangking 1; dan masih banyak perlombaan yang mampu mengembangkan potensi siswa.

Kegiatan Ramadan Camp ditutup dengan buka bersama dan salat tarawih, disambung dengan pembagian hadiah bagi para juara lomba dan penampilan dari peserta Ramadan Camp. Walaupun kegiatan ini berlangsung sangat singkat, namun sangat membekas di hati para peserta. Karenanya para siswa berharap kegiatan ini dapat dilaksanakan setiap tahunnya. (humas)

Tinggalkan komentar