Kenali,

Sayangi,

Lindungi.

SINTANG (Jumat, 15/2/2019) – Bagi anak-anak menyaksikan hewan adalah suatu kesenangan tersendiri, rasa penasaran mereka akan menciptakan mereka senantiasa mau tahu dan penasaran, tidak jarang mereka merengek meminta pada orangtua untuk diantarkan ke Kebun Binantang hanya sekedar menyaksikan bahkan menyentuh, dan tidak sedikit dari mereka amat sangat mau mempunyai salah satu hewan yang menarik hatinya. Binatang juga dapat menjadi kawan bermain yang mengasyikan.

Mengenalkan bermacam macam tipe binatang terhadap anak-anak adalah suatu proses yang amat penting, karena supaya kecerdasan naturalis pada anak dapat terasah dengan baik.

Dalam rangka itu, MIM Labschool Sintang mengundang Komunitas Reptil Sintang untuk mengenalkan beragam satwa kepada siswa. Beragam satwa seperti ular, buaya, kura-kura, kucing, kadal dikenalkan kepada siswa dalam kegiatan pembelajaran satwa kali ini.

Kepala MIM Labschool Sintang, Muhammad Muhajir menuturkan, kegiatan ini dalam rangka untuk mensosialisasikan pentingnya mengenal, menyayangi dan melindungi binatang sejak dini.

“Kami ingin mengenalkan dan menyadarkan bahwa Allah ciptakan makhluk lain selain manusia, serta menggalakkan gerakan sayangi hewan. Dengan adanya kegiatan ini anak-anak tahu. Kalau anak-anak udah kenal kan mereka tahu cara memperlakukannya, setelah mengenal belajar memahami dan tahu cara menanganinya,” ujar Muhammad Muhajir.

Sementara itu, Bang Nonok, anggota penggiat Komunitas Reptil Sintang menuturkan, pengenalan satwa ini untuk menanamkan sejak kecil bahwa hewan itu tidak berbahaya, bahkan bisa dijadikan teman.

“Secara naluri anak-anak takut dengan reptil karena orang tua biasanya bilang ‘dik jangan dekat-dekat sama hewan berbahaya. Sehingga terbentuk mindset anak-anak seperti itu,” ujar Bang Nonok.

Melalui pembelajaran ini pihaknya ingin membangun mindset anak-anak supaya tidak takut dengan hewan.

“Supaya anak-anak nggak takut dengan hewan. Kita memberikan edukasi bahwa kalau menemukan reptil jangan dipegang, karena itu bukan untuk dipegang,” lanjutnya.

Pihaknya melanjutkan, melalui kegiatan pembelajaran bagi para siswa, diharapkan Sintang menjadi ramah satwa.

“Kalau Sintang sendiri sudah ramah satwa, kita juga sudah mengkampanyekan tindak kekerasan terhadap hewan. Kita edukasi sekolah mulai TK hingga kampus dan masyarakat luas,” tuturnya. (mimlabschoolstg.sch.id)

Leave a Comment