Jumat (15/03/2019) – Dalam rangka pengukuran kemampuan matematika, MIM Labschool Sintang gelar Mathematics Competition dengan mengusung tema ‘Math is Fun’. Hal ini sesuai dengan cita-cita MIM Labschool Sintang yang ingin mewujudkan mimpinya para siswa menjadi calon intelek di masa akan datang.

“Melalui kegiatan ini, setidaknya kami dapat mengetahui dan mengukur kemampuan dasar siswa dalam Matematika. Hal ini dilakukan dalam rangka untuk menjaring para siswa yang berbakat dalam matematika demi menghadapi persiapan KSM bulan depan,” ujar Muhammad Muhajir.

Beliau menjelaskan bahwa soal-soal ini disusun secara sistematis, dari yang mudah menuju yang susah, mulai dari penjumlahan dan pengurangan hingga perkalian dan pembagian, mulai dari satu angka hingga tiga angka, dan seterusnya. Dengan model soal yang disusun seperti ini, maka kemampuan siswa dapat dengan mudah diukur.

Kegiatan ini juga dilakukan dengan alasan ingin menumbuhkan kecintaan siswa akan matematika. Karena selama ini mata pelajaran matematika cukup menjadi momok menakutkan bagi para siswa. Dengan model kompetisi yang dikemas sedemikian rupa, maka dengan sendirinya dan tanpa disadari siswa akan mengerjakan soal-soal dengan penuh keceriaan.

Keluar sebagai pemenang yang memperoleh nilai tertinggi pada even Mathematics Competition Jumat lalu adalah
1. Ananda Nailul Huda (Kelas IV Al-Farabi)
2. Ananda Naufal Muazzam Marpaung (Kelas III Al-Batani)
3. Ananda Arfan Khoirul Aqlan (Kelas II Ibnu Sina)
4. Ananda Difal Al Nizam (Kelas I Ibnu Batutah)
5. Ananda Nurly Batrisya Agustin (Kelas I Ibnu Rusyd)

Kenapa harus matematika yang diukur? Karena penguasaan matematika merupakan simbol dari ‘kecerdasan intelektual’. Matematika juga merupakan salah satu ilmu dasar yang harus dikuasai karena kedekatannya dengan ilmu-ilmu terapan yang lain, seperti fisika, kimia, dan biologi. Bahkan ilmu-ilmu agama pun tak luput menggunakannya seperti zakat, mawaris, ilmu falak, penentuan awal dan akhir bulan Ramadan, penentuan arah kiblat, dan lain-lain.

Oleh karena itu, MIM Labschool Sintang mendorong dan mengupayakan agar para siswanya selain menguasai ilmu-ilmu agama juga menguasai ilmu-ilmu umum, khususnya matematika. (humas)

Leave a Comment