Eksplorasi Pendekatan Sains-Teknologi–Insinyur-Matematika (STEM) dalam Pembelajaran IPA di Madrasah Ibtidaiyah
Oleh : Parinda, S.Pd
parindajailani12@gmail.com
Pendahuluan
Pendekatan Sains-Teknologi-Insinyur-Matematika (STEM) menjadi semakin relevan dalam dunia pendidikan, terutamadalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran. Di Madrasah Ibtidaiyah (MI), integrasi pendekatan STEM dalampembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dapat membantusiswa memahami konsep-konsep ilmiah dengan lebih baik dan menerapkan pengetahuan mereka dalam situasi nyata.
1. Konsep STEM dalam Pembelajaran IPA
STEM adalah pendekatan pendidikan yang mengintegrasikanempat disiplin ilmu: Sains, Teknologi, Insinyur, dan Matematika. Dalam konteks IPA di MI, pendekatan inimemungkinkan siswa untuk:
2. Manfaat Pendekatan STEM di Madrasah Ibtidaiyah
Penerapan pendekatan STEM dalam pembelajaran IPA di MI menawarkan berbagai manfaat, antara lain:
3. Implementasi STEM dalam Pembelajaran IPA
Beberapa strategi untuk mengimplementasikan pendekatanSTEM dalam pembelajaran IPA di MI meliputi:
4. Tantangan dalam Penerapan STEM
Meskipun memiliki banyak manfaat, penerapan pendekatanSTEM di MI juga menghadapi tantangan, seperti:
5. Kesimpulan
Pendekatan Sains-Teknologi-Insinyur-Matematika (STEM) memiliki potensi besar dalam meningkatkan pembelajaran IPA di Madrasah Ibtidaiyah. Dengan mengintegrasikan berbagaidisiplin ilmu, siswa tidak hanya belajar teori tetapi juga mendapatkan keterampilan praktis yang relevan. Meskipuntantangan masih ada, upaya untuk menerapkan pendekatanSTEM harus terus didorong demi menciptakan generasi yang lebih siap menghadapi tantangan di masa depan.
Daftar Pustaka
1. Haryanto, A. (2019). Integrasi STEM dalam PembelajaranIPA di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
2. Lestari, D. (2020). Pendekatan STEM dalam Pendidikan: Konsep dan Implementasi. Jakarta: Prenadamedia Group.
3. Supriyadi, D. (2018). Pendidikan IPA: Pendekatan STEM untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Bandung: RemajaRosdakarya.
4. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RepublikIndonesia. (2021). Panduan Implementasi STEM dalamKurikulum 2013. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
5. Rahmawati, N. (2022). Keterampilan Abad 21: PenerapanPendekatan STEM di Madrasah Ibtidaiyah. Surabaya: Citra Aditya Bakti.
Artikel ini diharapkan dapat memberikan gambaran yang jelasmengenai penerapan pendekatan STEM dalam pembelajaranIPA di Madrasah Ibtidaiyah dan manfaatnya bagi siswa.